SISTEM INFORMASI PADA BANK RAMAH LINGKUNGAN (BANK RAMLI) CENDANA SEJAHTERA MANDIRI

on Minggu, 21 April 2013
      Bank Sampah yang kemudian lebih populer disebut dengan Bank Ramah Lingkungan (BANK RAMLI) merupakan salah satu Organisasi Masyarakat yang berdiri atas kesadaran menjaga lingkungan hidup dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh sampah. Selama ini sampah merupakan sebuah masalah terbesar yang dihadapi di seluruh kota di dunia ini selain karena permasalahan yang timbul akibat tidak baiknya pengelolaan sampah yang dilakukan pemerintah juga diperparah karena minimnya kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup sehingga banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan.
Sampah memiliki potensi ekonomi yang sangat menarik jika dikelola dengan baik dan benar, baik berupa sampah organik yang dapat dibuat menjadi kompos maupun sampah non organik yang dapat dijual kepada para pengepul atau diubah fungsi dan penggunaannya menjadi barang yang lebih berharga seperti tas dari plastik kemasan detergen, tempat tissue dari kemasan botol air mineral, dll.
Menurut data Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda ada sekitar 200 ton sampah yang dihasilkan oleh masyarakat kota samarinda dan hanya beberapa persen saja sampah yang dibuang melalui Tempat Pembuangan Akhir (TPA), selebihnya dibuang secara sembarangan baik itu ke sungai, parit/got,
jalan raya, dll
Melihat realita dan potensi yang ada maka bapak lurah kelurahan Karang Asam dan masyarakat di sekitar Jl. Cendana Kecamatan sungai Kunjang Kota Samarinda mencoba membangun Bank Ramli dalam rangka menggugah kesadaran dan rasa peduli warga disekitarnya akan pentingnya pengeloaan sampah dengan baik dan benar sehingga sampah dapat lebih bernilai.
Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri saat ini memliki dua belas orang pengurus yang mengurus mulai dari sosialisasi, penimbangan, pendataan, sortir, penumpukan, penjualan, dll dengan direktur saat ini adalah bapak Sunardi. Bank Ramli hanya beroperasi pada hari minggu, dan pada minggu kedua setiap bulannya Bank Ramli tidak beroperasi untuk memberikan waktu libur kepada pengurus.
Dalam pelaksanaan kegiatan operasional Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri semua proses pendataan dan penulisan transaksi nasabah, serta laporan mingguan, laporan bulanan, dan saldo kas dilakukan secara manual. Data transaksi nasabah ditulis pada buku nasabah dan laporan mingguan sehingga penyimpanan data transaksi belum terorganisir dengan baik karenanya tidak menutup kemungkinan buku tempat penyimpanan data transaksi nasabah hilang atau rusak.
Untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Analisis & Perancangan Sistem Informasi yang dibina oleh Bapak Mudransyah, S.Kom., M.Kom., maka kami dari kelompok CSA 04 mengambil tugas dengan tema Sistem Informasi Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri .



1.      Sejarah Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri
Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri didirikan atas inisiatif dari kelurahan yang mengundang tokoh-tokoh masyarakat yang berada di lingkungan Jalan Cendana pada bulan Mei 2012. Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri ini resmi beroperasi pada bulan September 2012 menggunakan gedung bekas home industri hibah dari PT Pupuk Kaltim yang lama tidak di gunakan. Seiring waktu berjalan saat ini nasabah Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri mencapai 110 nasabah yang terdiri dari anak-anak hingga orang tua.

2.      Masalah Administrasi Yang Dihadapi
Dalam pelaksanaan kegiatan Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri menurut kami ada beberapa masalah administrasi yang dihadapi diantaranya:
a.      Petugas Bank Ramli akan butuh waktu sedikit lebih lama untuk mengetahui jumlah dan data detail nasabah Bank Ramli, hal ini dikarenakan proses pendataan pendaftaran nasabah hanya dicantumkan dalam buku nasabah dan jika nasabah tersebut melakukan transaksi baru ditulis dalam laporan mingguan.
b.      Para nasabah untuk mengetahui saldonya harus bertanya kepada petugas/kasir Bank Ramli karena buku tabungan nasabah dipegang oleh petugas Bank Ramli. Alasan Bank Ramli menyimpan buku tabungan diantaranya adalah
-        Untuk menghindari kerusakan atau kehilangan buku tabungan jika dipegang oleh nasabah, jika itu terjadi maka petugas akan sangat kesulitan untuk mendata ulang seluruh transaksi nasabah karena seluruh transaksi nasabah ditulis secara manual pada buku tabungan dan laporan mingguan.
-        Pada saat nasabah melakukan transaksi simpanan sampah petugas hanya menulisnya pada salah satu catatan yaitu buku tabungan atau laporan mingguan. Sehingga petugas harus melakukan penulisan ulang pada catatan lainnya yang belum ditulis oleh petugas. Misal, pada hari transaksi petugas hanya menulis pada buku laporan mingguan maka dirumah petugas harus menulis ulang setiap transaksi nasabah pada buku tabungan masing-masing nasabah.
-        Pendataan nasabah baru dilakukan hanya dengan cara menuliskan data nasabah pada buku tabungan, jadi jika petugas ingin mengetahui tentang data nasabah baik itu jumlah nasabah, saldo nasabah, nasabah aktif, lama bergabungnya nasabah, dll petugas tinggal melihat buku tabungan yang dipegang oleh petugas.
-        Kurangnya tingkat ketelitian dan akuntabilitas laporan keuangan Bank Ramli, hal ini dikarenakan administrasi pada Bank Ramli dilakukan secara manual sehingga sangat membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat baik untuk menghindari kekhilafan dan kesalahan masukan data keuangan  oleh petugas.
-        Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan laporan kondisi keuangan Bank Ramli
-        Petugas Bank Ramli harus melakukan kegiatan berulang dalam menulis data transaksi nasabah.

3.      Sistem yang Berjalan
Saat ini Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri Kota Samarinda hanya ada transaksi simpanan sampah dan penarikan uang nasabah serta menjual sampah kepada pengepul, untuk lebih jelas kita lihat sistem transaksi tabungan nasabah Bank Ramli
a.      Nasabah membawa barang-barang yang dibawa dari rumah ke Bank Ramli, disana barang-barang bawaan para nasabah akan langsung ditimbang oleh petugas timbang.
b.      Petugas timbang kemudian akan memberikan laporan kepada kasir jenis barang dan berat masing-masing jenis barang bawaan nasabah.
c.       Jika nasabah tersebut adalah nasabah baru maka kasir akan menuliskan data nasabah baru kedalam buku tabungan.
d.      Kasir akan menulis jenis barang dan berat masing-masing jenis barang serta nilai tukar barang dalam rupiah kedalam buku tabungan nasabah dan catatan laporan mingguan.
e.      Setelah ditimbang dan ditulis jenis barang dan berat masing-masing jenis barang yang dibawa oleh nasabah kemudian barang akan dipisahkan dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya oleh petugas sortir.
f.        Dirumah petugas kasir akan membuat rekapitulasi jenis barang dan beratnya ditulis dalam laporan bulanan.
g.      Karena nilai tukar barang selalu berubah-ubah sesuai dengan harga pasar saat itu, maka kasir tidak dapat mencantumkan/menulis nilai tukar barang dalam buku tabungan nasabah dan laporan mingguan kecuali jika saat itu pimpinan Bank Ramli sudah mendapatkan nilai tukar barang dari tengkulak.
h.      Karena kondisi tersebut buku tabungan nasabah dipegang/disimpan oleh kasir.
i.        Saat ini transaksi yang terjadi antara nasabah dan Bank Ramli hanya simpanan sampah dan nasabah dapat melakukan penarikan uang jika nasabah memiliki saldo minimal Rp 100.000,-
j.        Jika sampah sudah cukup banyak dan harga pasar cukup bagus untuk dilakukan penjualan, maka pimpinan bersama beberapa relawan akan menjual sampah tersebut kepada pengepul.








Berikut gambaran flow of document-nya:

4.      Rencana Sistem yang Akan diusulkan
Agar Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri dapat lebih berkembang dan petugas dapat bekerja lebih efektif dan efesien maka ada beberapa hal yang dapat kami usulkan diantaranya adalah sebagai berikut;
a.      Setiap nasabah baru harus dilakukan pendataan secara detail tentang data diri nasabah agar Bank Ramli dapat mengetahui tentang karakteristik nasabah secara umum terkait usia nasabah, tempat tinggal nasabah, jenis sampah yang dominan pada satu lingkungan, trend atau kondisi yang membuat simpanan sampah meningkat, dll
b.      Perbanyak jenis transaksi yang dapat dilakukan nasabah Bank Ramli, misal
-        Simpanan Pokok (sipok)
-        Simpanan Wajib (siwa)
-        Simpanan Sampah (sisam)
-        Simpanan Sukarela (sisukal)
-        Penarikan
-        Simpan Pinjam
-        Penjualan
Sehingga Bank Ramli akan lebih mudah dalam mengumpulkan modal melui simpanan-simpanan yang dilakukan nasabah, selain itu dengan adanya transaksi simpan pinjam nasabah yang membutuhkan dana untuk keperluan nasabah dapat melakukan peminjaman dan dibayar dengan angsuran yang ringan kepada Bank Ramli.
c.       Mengolah sampah menjadi barang yang lebih berguna agar hasil yang dijual oleh Bank Ramli bukan sekedar sampah tapi barang dengan nilai jual yang lebih tinggi.
d.      Membuat laporan bukan hanya laporan mingguan dan laporan bulanan saja, misal laporan nasabah dengan kategori tempat tinggal, jenis sampah, tanggal transaksi, saldo, simpanan-simpanan, dll

5.      Untuk mewujudkan hal tersebut diatas maka kami akan mencoba membuat perencanaan sebuah Sistem Informasi pada Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri dengan fitur-fitur yang diharapkan dapat membantu kelancaran operasionalnya, diantaranya;
a.      Data
-        Data Bank
-        Karyawan
-        Nasabah
-        Operator
-        Jenis Transaksi
-        Jenis Barang
b.      Transaksi
-        Simpanan
-        Penarikan
-        Pinjaman
-        Angsuran
-        Penjualan
c.       Kas
-          Kas Masuk
-          Kas Keluar
d.      Laporan
-          Laporan Kas
o   Laporan Kas Perperiode
o   Laporan Rincian Kas Masuk per periode
o   Laporan Rincian Kas Keluar per periode
-          Laporan Nasabah
o   Laporan Data Nasabah
§  Laporan Data Nasabah berdasarkan Tempat Tinggal
§  Laporan Data Nasabah berdasarkan usia
o   Laporan Saldo Nasabah
-          Laporan Penjualan
o   Laporan Penjualan sampah
o   Laporan
-          Laporan Sampah
o   Laporan Stock Sampah Di Gudang
o   Laporan Sampah Berdasarkan Jenis Sampah
o   Laporan Sampah Per Periode
-          Laporan Simpan Pinjam
o   Laporan simpan Pinjam Per Periode
o   Laporan Simpan Pinjam Per Nasabah
o   Laporan Angsuran Pinjaman
-          Laporan Data Karyawan


6.      Perangkat Bantuan
Dalam proses perencanaan dan pembangunan Sistem Informasi pada Bank Ramli Cendana Sejahtera Mandiri nantinya kami akan menggunakan database MySQL 55, Microsoft Visual Basic 6.0, dan Sybase Power Designer dengan pertimbangan sebagai berikut;
a.      MySQL 5.5
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Relational Database Management System (RDBMS)
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.

Kekurangan dari MySQL :
a.        Tidak cocok untuk menangani data dengan jumlah yang besar, baik untuk menyimpan data maupun untuk memproses data.
b.       Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja pada server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluster Server.
c.        Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.

Kelebihan dari MySQL:
a.        Merupakan DBMS yang gratis / open source berlisensi GPL (generic public license).
b.       Cocok untuk perusahaan dengan skala yang kecil.
c.        Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk bisa menjalankan MWSQL ini bahkan dengan spesifikasi hardware yang minimal sekalipun.
d.       Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi, misalnya LINUX, Windows, MacOS, FreeBSD, Solaris dan masih banyak lagi.
e.       Cepat dalam menjalankan perintah SQL / Structured Query Language misalnya ketika akan menyeleksi suatu data atau memasukkan suatu data karena MYSQL merupakan turunan dari konsep SQL.Multi user, artinya database dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
f.         MYSQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET dan tipe ENUM.
g.        MYSQL memiliki beberapa lapisan keamanan, seperti subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan system perijinan yang mendetail serta sandi/password terenkripsi.
h.       MYSQL dapat melakukan koneksi dengan computer client menggunakan Protokol TCP/IP, Unix Socket (UNIX), atau Named Pipes (windows NT).
i.         MYSQL memiliki antar muka / interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
j.         Command and function, MYSQL memiliki fungsi dan operator secara penuh yang mendukung perintah select dan where dalam query.
k.        Structure Table, MYSQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE dibandingkan DBMS lainnya.
l.         Dapat dikoneksikan pada bahasa C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.
m.      Mendukung penuh terhadap kalimat SQL GROUP BY dan ORDER BY. Mendukung terhadap fungsi penuh ( COUNT ( ),COUNT (DISTINCT), AVG ( ), STD ( ), SUM ( ), MAX ( ) AND MIN ( ) ).
n.       Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC.
o.       Mendukung ODBC for Windows 95 (dengan source program). Semua fungsi ODBC 2.5 dan sebagainya. Sebagai contoh kita dapat menggunakan Access untuk connect ke MySQL server.
p.       Menggunakn GNU automake, autoconf, dan LIBTOOL untuk portabilitas.
q.       Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama.
r.        Privilege (hak) dan password sangat fleksibel dan aman serta mengujinkan ‘Host-Based’ Verifikasi.

b.      Microsoft Visual Basic 6.0
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

Kelebihan dari visual basic
a.      Kurva pembelajaran dan pengembangan yang lebih singkat dibandingkan bahasa pemrograman yang lain seperti C/C++, Delphi atau bahkan PowerBuilder sekalipun.
b.      Menghilangkan kompleksitas pemanggilan fungsi windows API, karena banyak fungsi – fungsi tersebut sudah di “embedded” kedalam syntax visual basic.
c.       Cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi / program yang bersifat “Rapid Application Development).
d.      Sangat cocok digunakan untuk membuat program atau aplikasi bisnis.
e.      Digunakan oleh hampir microsoft office sebagai bahasa macro dan segera akan diikuti oleh yang lainnya.
f.        Dapat membuat ActiveX Control
g.      Dapat menggunakan OCX atau komponen yang disediakan oleh pihak ketiga (Third Party) sebagai tools pengembang.
h.      Menyediakan wizard yang sangat berguna untuk mempersingkat atau mempermudah pengembangan aplikasi.
i.        Mendekati Object Oriented Programming.
j.        Dapat di-integrasikan dengan internet, baik itu pada sisi Client maupun pada sisi Server.
k.       Dapat membuat ActiveX Automation Server.
l.        Integrasi dengan Microsoft Transaction Server.
m.    Dapat menjalankan server tersebut dari mesin yang sama atau bahkan dari mesin atau komputer yang lain.

Meskipun visual basic memiliki banyak kelebihan tetapi tetap saja mempunyai kekurangan atau kelemahan. Kelemahan tersebut karena disebabkan oleh keterbatasan visual basic dalam mengambil fungsi – fungsi yang bersifat low-level yang berhubungan dengan hardware maupun operating system windows itu sendiri.
Kekurangan Dalam Visual Basic
a.      File Distribusi Runtime lebih besar dari C/C++.
b.      Tidak mempunyai fungsi – fungsi untuk mengambil fitur – fitur dari operating system sebanyak C/C++.

Keuntungan Visual basic:
a.      Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan jika kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.
b.      Karena Visual basic sangat populer, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kamu gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web site dll Dengan banyaknya sumber-sumber tersebut, maka tentu saja kamu akan sangat mudah menemukan jawaban atas persoalan yang kamu hadapi kan?
c.       Kamu bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kamu dalam pemrograman. Contoh, jika kamu ingin membuat program untuk melakukan ping ke salah satu komputer di jaringan kamu, alih-alih membuat program ping tersebut sendiri, kamu bisa donlot sebuah kontrol yang melakukan hal tersebut dan menempelkannya di program kamu. Jika dibandingkan dengan bahasa lain, Visual basic memiliki variasi tools yang paling luas lho.
Kekurangan Visual basic:
a.      Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan.
b.      Lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.

c.       Sybase Power Designer 15
Sybase Power Designer adalah sebuah software pemodelan yang memiliki banyak fungsi diantaranya adalah untuk merancang serta memanage database. Sangat cocok untuk data base yang berukuran besar serta memiliki tingkat kompleksitas yang cukup rumit.
Sybase Power Designer memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut jika dibandingkan dengan menggunakan cara manual atau menggunakan aplikasi pembantu dari vendor, yaitu :
1.      Design database mayoritas menggunakan interface berupa tampilan grafik, hal ini berarti orang yang tidak mengerti bahasa SQL juga bisa menggunakan software ini untuk membuat database dengan berbagai macam tingkat kesulitan
2.      Database dapat diciptakan independen dari RDBMS, Sybase tidak bergantung pada vendor tertentu saja untuk mengimplementasikan design database yang telah dibuat pada RDBMS seperti MySQL, Oracle, atau Microsoft SQL Server. Sybase dapat mengkonstruksikan database yang telah kita buat dalam berbagai macam RDBMS, bahkan RDBMS yang jarang kita dengar juga didukung oleh Sybase.
3.      Migrasi database menjadi mudah, hal ini dikarenakan Sybase mempunyai fitur untuk mengkoneksikan diri dengan berbagai macam RDBMS seperti Oracle, MySQL, dan Microsoft SQL Server untuk mengkonstruksikan database yang telah didesign pada Sybase.
4.      Hampir tidak memerlukan pengetahuan mengenai bahasa SQL, semuanya dilakukan dengan klik sana sini di Sybase, namun begitu kita dapat melihat hasil output SQL dari design database yang sudah kita buat
Sybase Power Designer cocok untuk digunakan pada saat kita membutuhkan design database yang kuat dan fleksibel dan membutuhkan waktu yang cepat untuk konstruksi database. Software ini juga sering digunakan di perusahaan-perusahaan karena lebih memudahkan mereka untuk melihat secara grafis dari database tersebut. Sybase Power Designer hanya di gunakan sebagai alat bantu saja.

Mata Kuliah ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

Kelompok 4
Nama                               NPM                                     Program Studi            Semester
Abdussalam                     11.511.002                           Sistem Informasi        4
Arif Pribadi                      11.511.011                           Sistem Informasi        4
Dwi Riyana Wati             11.511.016                           Sistem Informasi        4
Rony Hidayat                   11.511.045                           Sistem Informasi        4

Tema : SISTEM INFORMASI BANK RAMLI CENDANA SEJATERA MANDIRI

Objek: BANK RAMLI CENDANA SEJATERA MANDIRI Jl. Cendana Gang 11 Kec. Sungai Kunjang Kota Samarinda


Observasi dan wawancara
Hari Jum’at, 12 April 2013
Jam 15.00 s/d 17.00 wite dan jam 19.30 s/d 20.30 wite

Hari Minggu, 21 April 2012
Jam 10.00 s/d 12.000 wite

Tugas Dikerjakan tanggal 14 dan 21 april 2013 dikerjakan secara bersama-sama

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau untuk sampah organiknya seperti apa?ditabung juga atau langsung diberikan untuk dibuat kompos setiap minggu

dayoen mengatakan...

bisa dishare ga buat bank sampah kami?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.