SISTEM INFORMASI BANK RAMAH LINGKUNGAN (BANK RAMLI)

on Minggu, 14 April 2013
Untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Analisis & Perancangan Sistem Informasi yang dibina oleh Bapak Mudransyah, S.Kom., M.Kom., maka kami mengambil tugas dengan tema sistem informasi bank ramah lingkungan (Bank Ramli) yang bertempat di Jl. Cendana Gang 11 Kec. Sungai Kunjang Kota Samarinda.
Aplikasi Bank Ramli diharapkan dapat membantu karyawan dan nasabah dalam melakukan transaksi tabungan nasabah. Aplikasi Bank Ramli mempermudah petugas administrasi untuk mengetahui saldo akhir nasabah, Jumlah barang atau sampah, Jumlah dan data nasabah, Dll. Aplikasi ini juga dibuat untuk menghindari redundancy data dalam hal pendataan transaksi nasabah, sehingga tidak akan terjadi kesalahan saldo nasabah.

1. Tinjauan Pustaka
1.1 Bank Ramli
Bank Ramli merpakan salah satu Organisasi Masyarakat yang berdiri atas kesadaran menjaga lingkungan hidup. Pimpinan Bank Ramli saat ini adalah bapak Sunardi. Saat ini Bank Ramli memliki ada sembilan orang relawan yang mengurus mulai dari penimbangan, pencatatan, sortir, penumpukan, penjualan. Bank Ramli hanya beroperasi pada hari minggu, dan pada minggu kedua setiap bulannya Bank Ramli tidak beroperasi untuk memberikan waktu libur kepada relawan.
1.2 Visual Basic 6
Kata “Visual” merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical User Interface (GUI). Kata “Basic” merujuk kepada bahasa BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code), sebuah bahasa yang digunakan oleh banyak programmer dibandingkan dengan bahasa lainnya dalam sejarah komputer.
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB) merupakan sebuah bahasa pemograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) yang didalamnya berisi perintah-perintah yang dapat dimengerti oleh komputer untuk melaksanakan tugas-tugas. Tugas tersebut dapat dijalankan jika ada respon dari pemakai. Respon tersebut berupa kejadian/event tertentu. Misalnya memilih tombol, memilih menu dan sebagainya.
Menurut Ridwan Sanjaya (2005: 1) yang berpendapat, “Visual Basic telah menjadi bahasa pemograman Visual yang paling popular dan mudah untuk dipelajari oleh pemula sekalipun”.  Ridwan Sanjaya juga menambahkan, “Meskipun sering dpandang sebelah mata oleh programmer yang terbiasa dengan bahasa-bahasa tingkat tinggi yang lain, Visual Basic mampu mendominasi dunia pemograman Visual”. Selain itu, Tim Divisi Penelitian dan Pengembangan MADCOMS (2008 : 1) dalam buku Microsoft Visual Basic 6.0 untuk pemula, mengatakan bahwa, “Microsoft Visual Basic merupakan salah satu aplikasi pemograman visual yang memiliki bahasa pemograman yang cukup popular dan mudah untuk dipelajari.
1.3 DBMS (Database Managemet System)
Kebutuhan akan Ketersediaan data sangat diperlukan tidak hanya bagi perorangan tetapi juga untuk organisasi dari berbagai level. Organisasi memerlukan data yang akurat dan tersedia setiap saat, untuk membantu memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam pemilihan keputusan di setiap level organisasi. Data dalam jumlah yang besar memerlukan pengaturan data yang efektif sehingga dapat diperoleh informasi secara cepat dan informasi yang dihadirkan dapat relevan dengan kebutuhan pengguna saat itu (Yulianto, 2009).
Beranjak dari kebutuhan tersebut, dibutuhkan sesuatu data management system yang kuat, fleksibel dan sanggup menangani kompleksitas  data. User memerlukan alat bantu yang menyederhanakan pengaturan data dan mampu memberikan informasi yang berguna pada waktu diperlukan.
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka, huruf, simbol khusus atau gabungan ketiganya. Kapan kumpulan data disebut sebagai basis data? Basis data adalah kumpulan data yang didefinisikan sebagai rangkaian aktifitas dari satu organisasi atau lebih yang saling berhubungan basis data, beberapa diantaranya terdiri dari entitas dan relasi (Ardhian, 2009).
1.4. Database MySQL
Menurut Tata Sutabri [11], database adalah suatu kumpulan data terhubung (interrelated data) yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tanpa mengatap satu sama lain tidak perlu suatu kerangkapan data (controlled redundancy) dengan cara tertentu sehingga mudah digunakan atau ditampilkan kembali, dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal, data disimpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan menggunkannya, data disimpan sedemikian rupa sehingga penambahan, pengambilan, dan modifikasi dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol.      
MySQL adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS). MySQL AB menyebut produknya sebagai database open source terpopuler di dunia. Berdasarkan riset dinyatakan bahwa di platform web, baik untuk kategori open source maupun umum, MySQL adalah database paling banyak dipakai. MySQL adalah salah satu dari sekian banyak sistem database, merupakan terobosan solusi yang tepat dalam aplikasi database. Didukung oleh ribuan atau bahkan jutaan komunitas pengguna internet yang siap membantu.
1.5. (DFD) Data Flow Diagram
Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan system sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi. DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem. DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.
1.6. ERD (Entity Relationship Diagram)
Dalam rekayasa perangkat lunak, sebuah Entity-Relationship Model (ERM) merupakan abstrak dan konseptual representasi data. Entity-Relationship adalah salah satu metode pemodelan basis data yang digunakan untuk menghasilkan skema konseptual untuk jenis/model data semantik sistem. Dimana sistem  seringkali memiliki basis data relasional, dan ketentuannya bersifat top-down. Diagram untuk menggambarkan model Entitiy-Relationship ini disebut Entitiy-Relationship diagram, ER diagram, atau ERD.
2 Analisis dan Perancangan
2.1. Analisa Sistem Yang Sedang Berjalan
Pada sistem yang berjalan, proses pendataan dan pencatatan transaksi nasabah dilakukan secara manual. Data transaksi nasabah dicatat pada buku nasabah dan laporan mingguan sehingga penyimpanan data transaksi belum terorganisir dengan baik karenanya tidak menutup kemungkinan buku tempat penyimpanan data transaksi nasabah hilang atau rusak.
Untuk mengetahui saldo nasabah, petugas harus melakukan rekap pada buku nasabah dan pengecekan pada buku laporan, sedangkan pendaftaran nasabah dilakukan hanya mencatat nama dan RT tempat tinggal nasabah pada buku tabungan nasabah.
2.2 Analisis Sistem Yang Diusulkan
Pada sistem yang diusulkan, proses transaksi nasabah sudah menggunakan sistem komputerisasi. Untuk menghindari kesalahan identifikasi nasabah, maka setiap nasabah baru harus melakukan pendaftaran nasabah terlebih dahulu agar tersimpan dalam database kemudian sistem akan menampilkan no anggota untuk setiap anggota yang akan digunakan pada saat transaksi nasabah.
Untuk lebih jelas dapat dilihat Flow Of Document (FOD) berikut ini:
FOD Bank Ramli
FOD Bank Ramli


2.3 Perancangan Basis Data
2.3.1 Entity Relational Diagram
ERD atau Entity Relationship Diagram adalah metode perancangan database yang menggambarkan hubungan antara entity-entity yang terdapat dalam system. ERD ini nantinya akan diperlukan dalam implementasi system untuk menentukan system database yang efektif.
Entity Relational Diagram (ERD) dalam sistem informasi Bank Ramli ini dibuat  dengan bantuan Sybase Power Designer 15. dalam pembuatan ERD ini, terdapat dua bagian, yaitu Conceptual Data Model (CDM) dan Physical Data Model (PDM). CDMmewakili keseluruhan struktur logical database, dimana sifatnya bebas dari berbagai software atau struktur penyimpanan data.
CDM Bank Ramli
CDM Bank Ramli
PDM Bank Ramli
PDM Bank Ramli


2.2.3 Perangkat Yang Dibutuhkan
Saat ini Bank Ramli belum menggunakan perangkat komputer, oleh karena itu direkomendasikan jika membeli perangkat komputer yang baru dengan spesifikasi yang baik. Namun, jika Bank Ramli tidak mampu membeli yang baru dan ingin mengoperasikan aplikasi Bank Ramli  maka minimal kebutuhan perangkat keras yang dibutuh dengan spesifikasi sebagai berikut:
·          Pentium® 90MHzr.
·          VGA 640x480.
·          Microsoft Windows 95.
·          RAM 128 MB.
·          HDD 40 GB
3. Implementasi
3.1 Implementasi
Rancangan input dari sitem informasi Bank Ramli untuk pengolahan data dibagi menjadi dua bagian, yaitu file-file master yang digunakan untuk mendukung sistem yang sedang berjalan, dimana data-data tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan serta input yang dibutuhkan ketika petugas administrasi melakukan pelayanan transaksi nasabah.
Form Data Bank Ramli


Form Data Pegawai
Form Data Operator




Form Data Nasabah
Form Jenis Barang
Form Jenis Transaksi
Form Transaksi
Form Transaksi Temp





Laporan Mingguan
BANK RAMLI 
Jl. Cendana Gang 11 Kec. Sungai Kunjang    

LAPORAN MINGGUAN
NO
Nasabah
RT
Jenis Barang
Jumlah
                                                                                  
Samarinda, 14 April 2013
Operator : Paijo


 Laporan Bulanan
BANK RAMLI    
Jl. Cendana Gang 11 Kec. Sungai Kunjang     
LAPORAN BULANAN
NO
Jenis Barang
Jumlah
Nilai Barang
Samarinda, 14 April 2013
Operator : Paijo


Laporan Nasabah / Nasabah Baru
BANK RAMLI    
Jl. Cendana Gang 11 Kec. Sungai Kunjang     
LAPORAN NASABAH
NO
No Nasabah
Nama Nasabah
NO Pengenal (KTP)
Tempat Lahir
Tanggal Lahir
Kecamtan
Kelurahan
RT
Tgl Daftar
Samarinda, 14 April 2013
Operator : Paijo
 
Mata Kuliah ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

Kelompok 4
Nama                               NPM                                     Program Studi            Semester
Abdussalam                     11.511.002                           Sistem Informasi        4
Arif Pribadi                      11.511.011                           Sistem Informasi        4
Dwi Riyana Wati             11.511.016                           Sistem Informasi        4
Rony Hidayat                   11.511.045                           Sistem Informasi        4

Tema : SISTEM INFORMASI BANK RAMLI (RAMAH LINGKUNGAN)

Objek Bank Ramli Jl. Cendana Gang 11 Kec. Sungai Kunjang Kota Samarinda

Observasi dan wawancara
Hari Jum’at, 12 April 2013
Jam 15.00 s/d 17.00 dan jam 19.30 s/d 20.30

Tugas Dikerjakan dipembagian tugas yang kemudian Tanggal 14 april 2013 dikerjakan secara bersama-sama
 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh minta progrmnya?

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.